SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Mata Kuliah | : | Bahasa Inggris I |
Kode Mata Kuliah | : | |
Program Studi | : | Perekam Medik dan Informatika kesehatan |
Fakultas | : | - |
SKS | : | 2 |
Waktu Pertemuan | : | 2x 50 Menit |
Pertemuan | : | Ke-1 |
A. Tujuan
1. TIU | : | Mahasiswa mampu mengunakan bahasa Inggris secara aktif dan pasif dan dengan baik dan benar, dan Mahasasiswa juga memahami istilah-istilah perekam medik yang dapat menunjang pekerjaan mereka. |
2. TIK | : | 1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep dasar percakapan. 2. Mahasiswa mampu menirukan pola percakapan sederhana dan mempraktekan percakapan tersebut dengan baik dan benar khususnya dalam bidang kesehatan dalam team di kelas. |
B. Indicator
1. Mahasiswa Mampu Menjelaskan parts of speech khususnya (V,N,ADJ, ADV) dan mengunakanya dalam kalimat.
2. Mahasaiswa mampu menjelaskan fungsi Parts of speech dan menggunakanya dalam kalimat.
C. Metode Pembelajaran
1. Discussion and TGT (Team Game Tournament)
D. Rumusan Tujuan Pembelajaran: Campuran dari Cognitif, Afektif and Psikomorik
E. Pokok Bahasan:
Structure and speaking
No | Tahap | Kegiatan Dosen | Kegiatan Mahasiswa | Media/ Alat |
1 | Pendahuluan | Penjelasan tentang tujuan | Mendengarkan penjelasan dosen | LCD, Pengeras Suara |
Penjelasan tentang materi pembelajaran | Memperhatikan penjelasan dosen | LCD, Pengeras Suara | ||
2 | Penyajian | Bertanya jawab untuk memancing diskusi sederhana dengan mahasiswa | Menrespon petanyaan dosen dan berdiskusi dengan kelompok kecil | LCD |
Menjelaskan masalah yang ditemukan mahasiswa atau meluruskan pemahaman mereka tentang structure | Memperhatikan penjelasan dosen, dan mempraktekannya baik lisan maupun tulis | LCD | ||
Mengamati praktik mahasiswa dan membetulkanya | Mempraktekannya dan mendengarkan penjelasan dosen dan teman yang praktek. | LCD | ||
3 | Penutup | Menyampaikan penguatan bahwa keterampilan berbahasa itu penting bagi mahasiswa dan tidak perlu takut salah | Memperhatikan dan menganalisis penjelasan dosen | LCD, Pengeras Suara |
Menyampaikan simpulan perkuliahan | Memperhatikan dan mencatat penjelasan dosen | LCD, Pengeras Suara |
A. Evaluasi
: Evaluasi dilakukan secara lisan setelah mahasiswa mempraktekan teori yang mereka peroleh sehingga mahasiswa akan lebih berani untuk menggunakan Bahasa Inggris secara aktif dan lebih memahami fungsi structure.
B. Referensi
Frank, Marcella. 1972. Modern English: a practical reference Guide. New Jersey. Practice Hall.
Hidayat, Rachmat, dan Silaswati, Shinta.2001. Active English for Nurses .Jakarta. Widya Medika.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar